Tenun Sengkang, Oleh-oleh Cantik dari Makassar

Tenun Sengkang (foto by marketplus.co.id)

Tenun Sengkang, Oleh-oleh Cantik dari Makassar — Saat ini kegiatan berwisata dan mengunjungi tempat-tempat menarik sudah menjadi gaya hidup masyarakat kita. Berwisata dapat menjadikan tubuh dan pikiran menjadi refresh dan rileks kembali setelah rutinitas pekerjaan yang dilakukan selama ini. Berwisata dapat pula dilakukan berbarengan dengan kegiatan pekerjaan yang kebetulan berlokasi di tempat yang sama.

Salah satu daerah tujuan wisata yang akhir-akhir ini tengah naik daun adalah Makassar, yang merupakan ibukota dari provinsi Sulawesi Selatan. Makassar disebut-sebut sebagai teras depan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata eksotik lainnya di kawasan timur Indonesia. Sepertinya belum lengkap rasanya jika berwisata ke Indonesia timur tapi belum pernah ke Makassar.

Makassar menawarkan berbagai tema wisata yang bisa anda lakukan sekaligus, mulai dari wisata alam seperti jalan-jalan ke pantai Losari, wisata sejarah seperti ke Fort Rotterdam, wisata kuliner seperti mencicipi makanan khas coto Makassar, pisang epe, dan es pisang ijo, sampai pada wisata belanja oleh-oleh di kawasan pusat oleh-oleh Makassar di jalan Somba Opu. Mengenai berbelanja oleh-oleh ini, terdapat satu jenis oleh-oleh khas Makassar yang bisa dibilang wajib dibawa pulang utamanya oleh kaum wanita yang sedang berwisata ke Makassar yaitu oleh-oleh kain tenun cantik dan indah bernama kain tenun Sengkang.

Bagi Anda yang ingin berbelanja oleh-oleh kain tenun sengkang ini, disarankan untuk terlebih dahulu memastikan untuk menjadwalkan waktu yang cukup luang, seperti sehari penuh sebelum pulang. Pasalnya anda kemungkinan akan lupa waktu dengan keseruan berburu dan berbelanja kain tenun sengkang nya.

Sesaat setelah memasuki toko atau butiknya, akan tampak jejeran ratusan bahkan ribuan kain tenun sengkang yang dijual penuh sampai ke langit-langit toko, dengan warna-warni kontras menarik, dan berbagai pilihan jenis dan bahannya yang bisa dipilih sesuai selera, lengkap dengan suasana ruangan yang sejuk dan cahaya lampu yang menawan. 

Anda seketika akan langsung ‘tersihir’ di dalam tokonya dan dengan senang hati menghabiskan waktu memilih kain tenun sengkang nya yang disukai, sampai-sampai pantang pulang sebelum semua kain tenun sengkang cantik-cantiknya yang disenangi puas anda beli.

 

Di dalam tokonya, anda akan dihadapkan pada banyak pilihan kain tenun sengkang yang cantik dan indah. Sebagai referensi untuk anda dalam berbelanja, bahwa terdapat berbagai pilihan jenis dan kategori dari kain tenun sengkang nya, mulai dari jenis berdasarkan bahan benang yang digunakan seperti kain tenun sengkang berbahan benang sutera, kain tenun sengkang berbahan benang viscose, dan kain tenun sengkang berbahan benang semi sutera. Juga terdapat jenis berdasarkan teknik pewarnaan motif/coraknya yaitu kain tenun sengkang ikat, kain tenun sengkang cetak, dan kain tenun sengkang batik. Silahkan tanyakan ke penjual atau penjaga toko untuk mengetahui perbedaan di antara jenis-jenisnya.

Mengenai harga, kain tenun sengkang nya sendiri memiliki harga yang bervariasi dan cukup terjangkau mulai dari harga 50 ribuan sampai dengan 200 ribuan. Anda bisa membeli kain tenunnya dengan ukuran panjang per meter yang anda inginkan. Anda dapat pula meminta kepada penjual atau penjaga toko di sana untuk mengemas kain tenun sengkang nya secara terpisah untuk tujuan oleh-oleh nantinya

Setelah pulang ke kota asal, jangan lupa untuk memberikan oleh-olehnya kepada keluarga, kerabat, teman, atau sahabat di sana. Mereka akan merasa sangat spesial dan senang menerima oleh-oleh kain tenun sengkang cantik dari anda ini. Kemungkinan mereka akan terheran-heran dan bertanya-tanya kain tenun cantik dari daerah mana kah ini? berhubung kain tenun sengkang sendiri belum begitu banyak orang yang mengenal, nah di situlah anda bisa menjelaskan sekaligus menceritakan kegiatan berwisata anda, juga menunjukkan foto-foto anda selama di Makassar. Setelah puas jalan-jalan, foto-foto, makan-makan, kemudian pulang berbagi hadiah oleh-oleh kepada orang-orang tercinta. Ah senangnya.

Sumber foto: marketplus.co.id